Bupati Batubara Pinta Petani Segera Bentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)

Bupati Batubara Minta Petani Segera Bentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)

topmetro.news – Bupati Batubara Ir Zahir MAP meminta kepada para petani untuk segera membentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Bupati Zahir mengutarakan hal tersebut saat meninjau sungai dan lahan pertanian di Desa Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Batu Bara, Selasa (31/8/2021).

“Kita telah turun bersama. Ada Kadis PU, camat, kades, kelompok tani, masyarakat. Dan ternyata belum ada petugas P3A. Sehingga tidak dapat menjaga dam (bendungan) serta sungai yang ada di sini,” ucap Bupati Batubara Zahir dengan nada kecewa.

Dalam kesempatan itu, Ir H Zahir MAP juga secara tegas menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk segera melakukan normalisasi sungai yang ada di Desa Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

“Ada 4 ruas yang perlu diperbaiki. Saat ini sungainya sudah dangkal, sedimentasinya sudah tinggi. Banyak pohon yang dahannya sudah menutup sungai. Tentu pemerintah dalam menangani pasca bencana banjir ini akan melakukan normalisasi. Memang aliran sungai ini sangat panjang dan vital. Serta mengaliri ratusan hektar sawah,” bilang orang nomor satu di Batubara tersebut.

Perbaikan Bendungan

Selain normalisasi, pemerintahannya juga akan memperbaiki bendungan (dam). Bupati Zahir mengatakan, ada dua titik bendungan yang belum masuk dalam standar pembagian air.

“Seharusnya, ketika ada pembagian air, dam harus ada pembuangannya juga. Namun pembangunan dam tidak dapat dilakukan sekarang. Sebab anggaran kita belum ada, karena banyak untuk penanganan Covid -19. Tapi nantinya akan kita bangun,” pungkas Bupati Zahir.

Sementara itu, salah seorang petani, Agustinus Siagian berharap, Pemkab Batubara dapat segera melakukan normalisasi dan perbaikan bendungan (dam).

“Kami mohon tolong tanggapi keluhan kami. Kalau sawah kami terancam, kami pun akan terancam tidak makan dan kelaparan,” ungkap Agustinus.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment